5 Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami dan Ampuh

5 Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami dan Ampuh

muymerengue.com – Apakah Anda sering terganggu kesehatannya karena perut terganggu? Hal ini bisa disebabkan karena kondisi tubuh yang terganggu. Seperti maag, kekurangan enzim sampai dengan masuk angin. Lalu bagaimana cara mengatasi perut kembung secara cepat dan aman. Sebelum berkunjung ke dokter, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah tersebut.

5 Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami dan Ampuh
5 Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami dan Ampuh

Perut kembung terjadi karena saluran pencernaan terisi dengan gas atau udara yang berlebih. Kondisi tersebut dapat menimbulkan perut terasa membesar, nyeri dan tidak nyaman. 

Penyebab Terjadinya Perut Mengalami Kembung

Pada umumnya terjadinya perut mengalami kembung karena makan terlalu cepat, makan terlalu banyak, mengkonsumsi makanan berlemak, pedas, minum menggunakan sedotan, berbaring setelah makan, merokok atau mengenakan gigi palsu dalam kondisi longgar. Selain dari beberapa penyebab di atas, juga bisa terjadi karena gangguan kesehatan seperti:

  • Maag

Maag atau dalam istilah medisnya indigestion atau dispepsia merupakan suatu kondisi dimana terjadinya rasa nyeri dan tidak nyaman secara terus menerus di daerah atas. Maag ini bisa menyebabkan seseorang mengalami mual, kembung sampai dengan muntah. 

Gejala yang dirasakan adalah cepat kenyang saat makan padahal baru makan sedikit, perut terasa perih sampai dengan sering bersendawa karena perut dipenuhi dengan gas.

  • Masuk angin

Di dalam istilah medis, istilah masuk angin sebenarnya tidak ada. Kebanyakan orang percaya bahwa gangguan kesehatan yang satu ini terjadi karena banyaknya angin yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, penyebab lainnya adalah menelan terlalu banyak udara saat berbicara, makan, menelan atau bahkan saat tertawa. Sehingga dalam istilah medis disebut aerofagia.

Kondisi ini tidak jauh beda dengan maag, karena gejala yang sering terjadi yaitu sering bersendawa, perut mengalami kembung dan nyeri pada bagian perut. 

  • Kekurangan enzim

Selain maag dan masuk angin, masalah kembung ini juga bisa terjadi karena kekurangan enzim pada saluran pencernaan. Fungsi dari enzim tersebut yaitu untuk membantu proses pengolahan makanan sehingga menjadi partikel-partikel yang sangat kecil dan mudah diserap oleh tubuh. 

Kembung pada perut akan membaik dengan sendirinya jika tidak diikuti dengan gejala yang serius. Akan tetapi harus diwaspadai jika diikuti dengan beberapa gejala lain seperti muntah, demam tinggi, tinja berwarna kehitamanan atau bercampur darah, penurunan berat badan dan kembung tidak kunjung sembuh. Jika Anda mengalami hal ini, maka harus segera periksakan ke dokter. 

Cara Mengatasinya Secara Mandiri: 

  1. Anda dianjurkan tidak makan dalam jumlah besar dan terlalu cepat. Sebaiknya kunyah makanan sampai benar-benar hancur.
  2. Jangan sering mengunyah permen karet, minum menggunakan sedotan atau berbicara saat makan.
  3. Hindari jenis makanan dan minuman yang menyebabkan gas berlebih seperti kacang-kacangan, minuman bersoda atau sayuran kubis.
  4. Mengkonsumsi probiotik
  5. Kurangi merokok
  6. Jika Anda menggunakan gigi palsu, gunakan ukuran yang pas untuk menghindari udara masuk melalui sela-sela gusi dan gigi.

Baca Juga : Nomor Atom dan Nomor Massa

Dengan mengetahui cara mengatasi perut kembung di atas, maka tidak perlu panic jika hal itu terjadi pada diri Anda maupun keluarga di rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *