Nomor Atom dan Nomor Massa

Nomor Atom dan Nomor Massa

muymerengue.com – Nomor atom dari suatu unsur merupakan jumlah proton yang ada di dalam inti atom. Nomor suatu unsur atom disebut juga dengan isotop yang mana nomor tersebut tidak dapat berubah. Sedangkan nomor massa merupakan jumlah total dari proton dan neutron pada satu atom suatu unsur.

Karena atom memiliki nomor yang tetap, data tersebut dapat Anda gunakan untuk mengetahui data yang lainnya, seperti jumlah neutron.

Cara Mencari Nomor pada Atom

  1. Siapkan Tabel Periodik Unsur

Setiap unsur tentunya memiliki nomor berbeda, sehingga untuk mempelajarinya tidak akan ada jalan pintas. Selain menghafal, cara lain yang harus Anda lakukan adalah melihat tabel periodik. Untuk itu tidak heran apabila pada setiap buku mata pelajaran kimia, pada bagian sampul bukunya biasanya terdapat tabel tersebut.

  1. Cari Unsur yang Sedang Anda Pelajari

Sebagian besar dari tabel periodik menyantumkan juga nama lengkap unsur termasuk simbolnya, seperti Hg untuk Merkuri. Dan apabila Anda masih kesulitan untuk menemukannya, Anda dapat mencari simbol unsur lengkap dengan namanya di internet.

  1. Cari Nomor Atom

Kemungkinan nomor suatu atom dituliskan pada bagian lainnya, nomor ini seringkali dapat ditemukan di sebelah sudut kiri maupun kanan atas dari kotak unsur. Dan nomor ini selalu dituliskan dalam bilangan bulat. Apabila angka yang Anda lihat berupa bilangan desimal, maka kemungkinan besar itu merupakan nomor dari massa atomnya.

  1. Pastikan dengan Memperhatikan Unsur di Dekatnya

Tabel disusun sesuai dengan urutan nomor. Jika nomor unsur adalah “33,” maka nomor yang di sebelah kirinya harusnya “34.” Apabila memiliki pola seperti ini, maka angka yang Anda miliki adalah nomor dari atomnya.

Tidak jarang Anda juga akan menjumpai nomor atom yang tidak berurutan antara 56 atau atom Ba dan 88 atom Ra. Sebenarnya nomor ini di antaranya berurutan. Unsur-unsur tersebut ditulis terpisah hingga bisa dimasukkan pada tabel periodik yang lebih ringkas.

  1. Pahami Tentang Nomor dari Atom

Nomor unsur memiliki pengertian sederhana, jumlah dari proton yang berada dalam satu unsur tersebut. Hal ini merupakan pengertian dasar dari suatu unsur. Jumlah proton akan menentukan banyaknya muatan elektrik yang terdapat di dalam inti atom, hal ini akan menentukan berapa banyak elektron yang dapat masuk ke dalamnya.

Karena jumlah elektron ini memiliki tanggung jawab atas hampir semua reaksi kimia yang terjadi, nomor ini hampir menentukan semua sifat fisik maupun kimia. Dalam pengertian lain, setiap atom yang memiliki delapan proton merupakn atom dari oksigen. 

Baca Juga : Cara Unduh Video IG ke HP

Beberapa unsur yang lebih berat memiliki bobot atom yang dituliskan dalam tanda kurung. Hal ini memiliki arti bahwa, bobot tersebut merupakan massa yang sebenarnya dari satu isotop yang paling stabil. Dan bukan rata-rata dari beberapa isotop. Hal ini tidak memiliki pengaruh pada nomor suatu atom maupun nomor massa dari unsur tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *