Cara Membuat Grafik di Word dengan Berbagai Modifikasi

Cara Membuat Grafik di Word dengan Berbagai Modifikasi

muymerengue.com – Grafik merupakan alat yang berfungsi untuk memberitahukan informasi secara grafis atau dalam bentuk visual. Grafik dalam dokumen dapat membantu Anda untuk membuat perbandingan data numerik, seperti perbandingan terhadap suatu hal. Untuk Anda yang belum memahami cara membuat grafik di Word, simak penjelasan di bawah ini.

 

Jenis-Jenis Grafik

  1. Grafik Batang

Grafik berbentuk persegi panjang atau balok. Penyajiannya bisa secara vertikal atau horizontal.

Tipe data yang dapat disajikan:

  • Proporsi populasi dari beberapa data.
  • Gambaran perkembangan data.
  • Perbandingan individu di dalam suatu kelompok.

 

  1. Grafik Lingkaran

Digunakan untuk menyajikan data dalam bentuk persentase data. Kelebihan penyajian data menggunakan bentuk grafik lingkaran ini adalah dari segi visualisasi. Visualisasi grafik tersebut mempunyai berbagai macam karakter yang unik dan menarik untuk dilihat. Untuk karakter data yang tidak begitu banyak dapat dicantumkan dalam bentuk grafik lingkaran.

 

  1. Grafik Garis

Grafik garis pada umumnya digunakan untuk menampilkan data berupa perkembangan atau tren terhadap suatu informasi dari berbagai macam waktu yang sudah Anda tentukan. Dengan grafik garis Anda dapat melihat dan mengetahui tren maupun perkembangan sekarang ini sedang menaik atau menurun. 

 

Terkait visualisasi grafik ini mempunyai tampilan yang kurang menarik dibandingkan dengan grafik lainnya. Namun tepat atau tidaknya penggunaan grafik garis, bergantung pada jenis data yang ingin Anda ditampilkan.

 

  1. Grafik Titik

Grafik titik juga merupakan salah satu grafik yang bisa Anda gunakan untuk menyajikan data perkembangan tren. Grafik titik sangat tepat digunakan untuk menampilkan persebaran data. Grafik ini juga dapat digunakan untuk melihat gambaran data dari kelompok sebarannya. Pencarian data tersebut biasanya disebut data out layer.

 

  1. Grafik Radar

Grafik radar merupakan grafik yang berfungsi untuk menampilkan sebaran data. Grafik rada juga sering disebut grafik laba-laba. Penggunaan dari grafik ini biasanya untuk memperlihatkan suatu perkembangan kualitas atau kinerja seseorang. Misalnya kinerja pegawai kantor, anak sekolah dan lain sebagainya.  

 

Cara Memasukkan Grafik Melalui Microsoft Word

  1. Buka aplikasi Microsoft Word 
  2. Klik tab INSERT
  3. Klik Chart, pada bagian Illustration
  4. Muncul dialog box Insert Chart 
  5. Akan muncul tampilan jenis chart/grafik seperti Collumn, Pie, Line, Area, Bar,Stock, XY Scatter, Surface, Radar, Combo.  Pilih chart sesuai kebutuhan Anda.
  6. Setiap jenis chart/grafik mempunyai varian serta jenis model yang berbeda, Anda bisa melihat melalui preview grafik yang ingin Anda pilih.
  7. Tekan OKE 
  8. Chart/grafik akan tampil di lembar kerja bersamaan juga dengan dialog box Chart In Microsoft Word untuk mengolah data.
  9. Setelah selesai, Anda dapat mengolah data tersebut lalu, klik Close (X)

Baca Juga : Cara Membuat Egrang dari Bambu Aman Dimainkan

Cara membuat grafik di Word ini sudah pasti akan membantu Anda membuat grafik sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri. Anda bisa menyesuaikan data yang ingin ditampilkan melalui pilihan jenis grafik yang sudah disebutkan di atas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *