Cara Membuat Egrang dari Bambu Aman Dimainkan

Cara Membuat Egrang dari Bambu Aman Dimainkan

muymerengue.com – Egrang merupakan salah satu jenis permainan tradisional yang dibuat dari bahan dasar bambu yang tentunya dibuat sedemikian rupa sehingga akan tetap aman untuk digunakan. Sayangnya, sekarang ini tidak banyak yang mengetahui bagaimana cara membuat egrang dari bahan dasar bambu dan akan tetap aman saat dimainkan.

Cara Membuat Permainan Egrang Bambu

Alat dan Bahan yang digunakan untuk membuat egrang secara mudah yaitu:

– Golok

– Gergaji

– Tali secukupnya

– Bambu sebanyak 1 pasang dengan tinggi 2 meter. Bahan yang digunakan dapat berupa bambu yang silinder dengan diameter kurang lebih 10 cm.

Langkah Membuat

  1. Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah bambu, bambu ini telah dipotong sehingga mempunyai ukuran 2 meter dan juga 30 cm.Tentukan tinggi pijakan egrang (untuk anak biasanya setinggi 50 cm), kemudian tandai.
  2. Untuk bambu yang telah diberi tanda, selanjutnya diberi lubang, yang mana lubangnya harus disesuaikan dengan diameter bambu panjang yang sudah dibuat.
  3. Kemudian masukkan bambu yang dipotong dengan panjang 30 cm (bambu ini dimanfaatkan sebagai pijakan.
  4. Pada bambu kedua Anda dapat memasukkan bambu 30 cm yang dimanfaatkan sebagai pijakan pada bambu satunya.
  5. Kemudian ikat dengan kuat bambu yang sudah terpasang 
  6. Dan, egrang telah siap untuk dimainkan.

Cara Main Egrang

– Terlebih dahulu Pegang kedua egrang bambu di bagian atas dengan posisi yang berdiri atau tegak.

– Naik pada pijakan egrang dengan posisi yang egrang yang harus tetap seimbang. Tentunya dengan menggunakan kaki kiri terlebih dulu baru kemudian kaki kanan. 

– Gerakan harus beriringan antara kaki kanan dengan tangan kanan yang kemudian nantinya harus disusul menggunakan kaki kiri.

– Dan seterusnya gerakan yang berulang lakukan secara beriringan antara kaki dan tangan sehingga dapat berjalan dengan lancar.

Untuk anak-anak yang baru belajar menggunakan egrang. Maka sangat diharuskan orang tua mendampingi sehingga meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Permainan egrang ini seringkali dilakukan oleh anak laki-laki dengan usia 7 hingga 13 tahun. Akan tetapi banyak anak remaja hingga yang berusia 20 tahun atau lebih.

Egrang yang terbuat dari 2 batang bambu dengan ukuran yang panjangnya sama. Panjang ukuran umumnya 2,5 meter dengan Panjang di bawah tempat pijakan kaki sekitar 20 cm. Untuk dapat  memainkan egrang sebenarnya tidaklah sulit. 

Apabila tujuan bermain Egrang hanya untuk mengadu kecepatan, maka untuk memulainya dapat diawali dengan tiga orang pemain atau lebih dari garis awal. Apabila telah ada aba-aba untuk mulai maka para pemain egrang akan berlari menggunakan Egrang. Untuk pemain yang dapat sampai ke finish terlebih dahulu maka akan dijadikan sebagai pemenang.

Baca Juga : Mudahnya Cara Tambah Daya Listrik Secara Online, 2020

Dengan mengetahui bagaimana cara membuat egrang yang sesuai dengan aturan. Dan dapat digunakan sesuai dengan cara bermainnya, maka menjadi tidak mungkin Anda dapat mengikuti perlombaan egrang yang sewaktu-waktu diadakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *