Beginilah Cara Menyusun Daftar Pustaka yang Benar

Beginilah Cara Menyusun Daftar Pustaka yang Benar

muymerengue.com – Ketika kita membuat buku, tugas akhir, maupun makalah penting untuk menyertakan sumber-sumber literatur alias daftar pustaka. Dari daftar inilah, pembaca akan mengetahui sumber apa saja yang kita gunakan dalam penyusunan karya tulis. Secara umum, sumber-sumber tersebut bisa terdiri dari buku, artikel, jurnal, data sebuah lembaga, sampai liputan berita.

Pada kenyataannya masih ada sebagian orang belum mengetahui bagaimana cara penulisan daftar pustaka yang benar. Tentu hal ini bisa cukup merepotkan proses penyusunan karya, bukan. Nah, untuk mengatasinya silakan simak artikel informatif ini agar daftar-daftar sumber dapat tersusun secara baik dan benar. Selamat membaca!

Apa Itu Daftar Pustaka?

Secara umum, daftar pustaka (Blibliography) merupakan susunan terperinci dimana memuat buku, jurnal, artikel, majalah, maupun sumber online yang digunakan penulis dalam meneliti maupun menulis karya mereka. 

Sementara itu, jika dilihat berdasarkan asal katanya, blibiography merupakan turunan dari Bahasa Yunani, yaitu “Blibion” yang berarti kitab atau buku, dan “Graphia” berarti menulis. Apabila digabungkan maka blibiography berati penulisan buku.

Tujuan utama dari penyusunan salah satu bagian karya tulis ini adalah untuk menunjukkan bahwa sebuah tulisan atau karya ilmiah tak hanya dibuat berdasarkan pemikiran orisinil si penulis saja, melainkan juga berasal dari rujukan berbagai pemikiran atau hasil penelitian orang lain.

Penting untuk diketahui bahwa dalam daftar kepustakaan atau dapus harus memuat beberapa unsur sumber rujukan. Berikut ini adalah beberapa unsur tersebut.

  1. Nama pengarang atau penulis
  2. Tahun terbit
  3. Judul lengkap
  4. Kota penerbitan
  5. Nama penerbit
  6. Nomor halaman bahan sumber

Secara umum, keenam unsur di atas harus termuat dalam sumber rujukan berupa buku. Apabila Anda menggunakan jenis sumber rujukan lain maka perlu juga untuk menambahkan informasi penting lainnya, seperti volume, tautan situs, dan instansi penerbitan.

Bagaimana Cara Menyusun Daftar Pustaka Secara Baik dan Benar?

Untuk menyusun sumber-sumber literatur, biasanya sebelumnya kita harus menentukan format urutan penulisan daftar pustaka. Adapun format yang umum digunakan antara lain adalah American Psychological Association (APA), Modern Language Association (MLA), dan Chicago Manual of Style (CMS). Oleh karenanya, sebaiknya Anda memastikan jenis formatnya sesuai dengan aturan yang berlaku.

  1. Penyusunan kepustakaan dari buku

Urutan umum dimana harus diikuti apabila menggunakan literatur berupa buku adalah sebagai berikut.

Nama akhir pengarang, nama awal. Tahun terbit. Judul lengkap. Kota penerbitan. Nama penerbit.

Contoh:

Suwantoro, Gamal. 1997. Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.

 

  • Cara penulisan daftar pustaka dari jurnal

 

Urutan dan unsur dapus dari jurnal memiliki sedikit perbedaan dari buku, yaitu sebagai berikut.

Nama akhir pengarang, nama awal. (Tahun terbit jurnal). Judul jurnal. Nama jurnal, Volume (Edisi jurnal jika ada), Halaman.

Contoh:

Suwarni, Indah. (2007). Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Aman. Jurnal Studi Pembangunan, Vol. 8 (2), 151-162.

Catatan:

  1. Nama penulis di bagian depan bisa disingkat. Jika terdapat banyak penulis maka yang ditulis hanya tiga pengarangnya saja, sisanya dapat diberi keterangan “dkk” atau “el al” di bagian akhir nama-namanya.
  2. Urutan penulisan rujukan harus diurutkan sesuai pengabjadan, yaitu dari abjad pertama (A) hingga abjad terakhir (Z).
  3. Tidak diberi penomoran dalam menyusunnya.
  4. Pada baris kedua penulisan harus dibuat menjorok antara 7-10 spasi/ketukan.
  5. Gelas penulis tidak perlu dicantumkan.

Baca Juga : Cara Ganti Password Wifi First Media Gampang dan Mudah

Nah, demikianlah cara penulisan daftar pustaka yang benar dan umum digunakan. Melalui artikel ini harapannya Anda bisa lebih handal menyusul bagian demi bagian karya tulis, khususnya pada bagian blibliografi. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *