Anda Memiliki Nomor Axis Baru? Berikut Cara Daftar Kartu Axis

Anda Memiliki Nomor Axis Baru? Berikut Cara Daftar Kartu Axis

muymerengue – Zaman sekarang, tiada hari orang tanpa menggunakan ponsel pintar. Ya, pada dasarnya tidak ada orang yang bisa benar-benar lepas dari ponsel. Entah digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, bisnis, menjalin komunikasi, scrolling sosmed atau hal lainnya. Sehingga, tidak heran jika pengguna kartu perdana juga semakin banyak setiap tahunnya. 

Setiap provider juga memberikan kebijakan berbeda bagi pengguna layanannya pada saat melakukan pendaftaran nomor baru. Jika Anda sebagai calon pengguna baru atau pelanggan lama dan lupa cara daftar kartu AXIS, simak pembahasan artikel ini ya. 

Tujuan Melakukan Pendaftaran Nomor Perdana

Sebagai salah satu provider di Indonesia, AXIS turut andil mendukung peraturan pemerintah, yaitu dengan mewajibkan pengguna layanannya agar melakukan registrasi kartu perdana sebelum menggunakan layanan. Ada dua alasan yang melatarbelakanginya. 

  1. Menurut Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika), registrasi perlu dilakukan untuk menghindari info hoaks yang kerap kali membuat gerah masyarakat Indonesia. 
  2. Mempermudah dalam mewujudkan National Single Indentity, apa itu? Ialah sistem kependudukan yang dicanangkan pemerintah. 

Dari registrasi tersebut, maka pemerintah akan menyimpan database pihak terkait untuk disinkronkan dengan data di Disdukcapil. Hasilnya adalah semakin mudah ketika nantinya Anda melakukan pengurusan dokumen kependudukan ataupun akta. 

Jika tidak melakukan registrasi bagaimana? Pihak provider akan memberikan sanksi berupa pemblokiran layanan dan nomor tersebut secara bertahap. Jangan bandel ya, karena aturan seperti ini juga bertujuan menjaga keamanan data dari pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Cara Regitrasi Perdana Axis

Sebagai pengguna baru ataupun pengguna lama, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan regist ataupun sekadar daftar ulang. Berikut beberapa caranya yang bisa Anda terapkan. 

  • Pendaftaran Secara Manual

Sejuta umat hampir memilih mendaftar secara manual. Tidak muluk-muluk alasannya, karena mudah dan simpel. Saat memasukkan kartu diponsel, otomatis akan muncul jendela pop up yang menggiring pengguna untuk mengisi data NIK dan KK. Tekan “OK” dan ikutilah langkah-langkahnya. 

Setelah selesai, pilih restart ponsel, kemudian nyalakan kembali. Layanan sudah siap untuk digunakan. 

  • Pendaftaran Melalui SMS

Layanan SMS mempermudah pengguna baru melakukan pendaftaran. Caranya dengan mengetikkan SMS sesuai format, yaitu DAFTAR#NIK#NOMOR KARTU KELUARGA. Kemudian, kirim pesan tersebut ke no. 4444. Ikuti instruksi balasan dan restart seperti halnya pada nomor satu di atas. 

Sedangkan, untuk pelanggan lama juga bisa melakukan regist ulang melalui SMS. Resgistrasi ulang dilakukan karena mengganti nomor lain, namun masih satu provider. Ataupun mengganti data seperti KK. Bedanya registrasi pelanggan baru dan lama ada pada format “DAFTAR” diganti “ULANG”, sehingga menjadi ULANG#NIK#NOMOR KARTU KELUARGA. 

  • Pendaftaran Secara Online

Pendaftaran secara online lumayan muda. Anda tinggal masuk di laman axis.co.id, serta telusuri menu registrasinya. Tenang saja, bebas internet. 

Baca Juga : Tidak ada yang menyangka Pendukung sepak bola Indonesia kompak Melawan Virus Covid-19 

Setelah mengetahui cara daftar kartu AXIS, Anda harus memastikan bahwa kartu tersebut sudah bisa digunakan untuk menikmati layanannya ya. Anda bisa memastikannya via USSD dengan mengetikkan  *123*444#.  Yuk, bantu pemerintah untuk memberantas info hoaks, serta menjaga keamanan data dengan melakukan registrasi perdana. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *